IOSCO/PFMI

Financial Market Infrastructures (FMI) berperan penting dalam mendukung  aktivitas pembayaran, penyelesaian maupun penyimpanan instrumen keuangan. KPEI pun meresponsnya dengan melakukan assessment berdasarkan rekomendasi  PFMI-IOSCO.

Financial Market Infrastructures (FMI) merupakan aspek penting  dalam sistem keuangan maupun perekonomian dunia.  Argumen ini cukup beralasan melihat peran strategis FMI yang sejauh ini berperan memfasilitasi kegiatan pembayaran, mendukung proses dan aktivitas penyelesaian transaksi maupun penyimpanan instrumen keuangan. Akan tetapi, pada sisi lain, jika   tidak dikelola dengan baik,  FMI justru bisa  menjadi sumber krisis keuangan, seperti praktik penyalahgunaan likuiditas agunan maupun risiko karena kerugian kredit.

Berbagai pertimbangan strategis  ini pula yang melatarbelakangi langkah KPEI  mengikuti assessment berdasarkan rekomendasi Principle for Financial Market Infrastructures (PFMI) yang dikeluarkan oleh  International Organization of Securities Commissions (IOSCO). Tujuannya tidak lain adalah mengidentifikasi  hal-hal penting yang membutuhkan perbaikan dalam proses kerja KPEI sebagai central counterparty (CCP) sekaligus penentuan hal-hal prioritas yang membutuhkan perbaikan. Hasil assessment dapat digunakan sebagai alat dalam melakukan identifikasi dan pengembangan kapasitas KPEI sebagai CCP yang bertaraf internasional.

Principles for Financial Market Infrastructures Disclosure