Tanggung Jawab Sosial KPEI

​Sebagai bentuk tanggung jawab atau kontribusi Perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan melalui pengelolaan dampak (yakni meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif) kepada seluruh pemangku kepentingan, KPEI menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR) atau dikenal dengan sebutan KPEI Berbakti. 

Kegiatan KPEI Berbakti ini merupakan bentuk kepatuhan Perusahaan pada UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Peraturan OJK No. 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik, Global Standard Initiative sebagai best practice yang diadopsi Perusahaan, Pedoman Tata Kelola Perusahaan KPEI, serta Kebijakan CSR KPEI. 

Beberapa tujuan yang didapatkan Perusahaan dari kegiatan KPEI Berbakti ini, diantaranya adalah :

  1. Memberikan manfaat kepada pemangku kepentingan​
    KPEI ingin tumbuh bersama masyarakat dan senantiasa memperhatikan aspek sosial kemasyarakatan. Untuk itu, KPEI berusaha agar kehadirannya di tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya.
  2. Keseimbangan dalam hubungannya dengan pemangku kepentingan​
    KPEI berkomitmen untuk menjaga kepercayaan masyarakat serta pengguna jasa. KPEI percaya dengan memberikan kontribusi secara sosial kepada masyarakat dan lingkungan, Perusahaan akan mendapatkan manfaat.
  3. Memperkuat keterlibatan pemangku kepentingan.
    KPEI menyadari bahwa Perusahaan perlu melibatkan peran dan kontribusi pemangku kepentingan. Dengan demikian, manfaat KPEI Berbakti dapat dirasakan oleh seluruh pemangku kepentingan.

Seluruh kegiatan KPEI Berbakti dan total dana yang disalurkan Perusahaan untuk setiap tahunnya, dapat dilihat pada bagian Laporan Tahunan.